Paling Berbahaya

Apa ancaman paling berbahaya saat ini? Jika Anda menjawab terorisme, Anda salah. Sebuah konferensi internasional di Sydney (25/2/08) menegaskan yang paling berbahaya dan perlu diwaspadai adalah obesitas dan penyakit gaya hidup lainnya. Para ahli dalam Konferensi Aliansi Kesehatan Oxford menegaskan, “Pemerintah seharusnya lebih fokus pada diet yang buruk, merokok, dan kurangnya berolahraga sebagai penyebab obesitas yang merupakan pembunuh terbesar,” ujar Lawrence Gostin.

Sudah jutaan orang tewas akibat obesitas, angka ini jauh lebih besar daripada korban akibat terorisme. Selain itu, penyakit jantung, paru-paru , diabetes dan kanker telah mendominasi 60 persen kematian di seluruh dunia. Akar dari semua ini adalah pada gaya hidup modern: kurang berolahraga, makanan tidak seimbang, merokok, minum alkohol dan stress.

Meski sudah menyadari penyebabnya, tapi untuk mengubah gaya hidup itu bukan perkara mudah.  Kebiasaan yang terbentuk selama bertahun-tahun, tentu tidak mudah untuk diubah dalam sekejap. Butuh tekad yang kuat dan kesabaran yang tinggi.

Saat ini putuskan untuk menjadi “manusia baru”, yaitu manusia dengan gaya hidup sehat. Tinggalkan kebiasaan merokok, minum alkohol, makan sembarangan dan hidup dalam tekanan stress. Biasakan berolahraga. Kita wajib memelihara kesehatan tubuh, karena Allah masih memberi tugas kepada kita untuk dikerjakan di dunia ini[Purnawan].

 

SMS from God: Jangan abaikan kesehatan tubuh Anda. Allah masih memerlukannya untuk pekerjaan-Nya di dunia ini