Disiplin

Menurut data Indonesian White Paper, osteoporosis (pengeroposan tulang) pada perempuan di atas 50 tahun mencapai angka 28,8 persen. Itu artinya, setiap empat perempuan Indonesia berusia di atas 50 tahun, terdapat satu orang yang mengalami pengeroposan tulang.

Pengeroposan tulang bukan suatu proses yang tiba-tiba. Ini adalah proses yang dimulai sejak muda. Itu sebabnya, sejak dari muda kita perlu melakukan upaya pencegahan. Caranya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, salah satunya dengan meminum susu. Kekurangan kalsium merupakan salah satu penyebab utama osteoprosis.

Selain itu, kita juga perlu melakukan kegiatan olahraga setiap hari. Dokter menganjurkan supaya kita berjalan kaki minimal 10 ribu langkah setiap hari. Ini adalah aktivitas mudah, murah, dan dapat dilakukan siapa saja untuk menjaga kesehatan.

Berkaitan dengan kesehatan tubuh, Paulus berusaha melatih tubuhnya. Dalam versi New King James kata “melatih” diterjemahkan “discipline“.   Paulus mendisiplinkan tubuhnya untuk mendukung pelayanannya.

Tubuh kita perlu disiplinkan. Ketika sudah cukup umur, tubuh kita enggan untuk diajak berolahraga. Tapi kita harus mendisiplinkan tubuh selain dengan berolahraga, juga dengan mengonsumsi makanan yang sehat, tidak merokok, menghindari minuman keras, dan mengelola stress [purnawan].

 

SMS from God: Pencegahan osteoporosis harus dilakukan sejak dini, sejak masih muda.