Ampunilah Mereka

Nats bacaan ini merupakan salah satu dari 7 Ucapan Yesus di Kayu Salib. Ucapan Yesus yang pertama ini berkaitan dengan pengampunan. Pengampunan merupakan salah satu tema utama dalam pengajaran-Nya. Dia pernah mengajarkan itu kepada murid-murid-Nya untuk mengasihi musuh dan mendoakan mereka (Mat 5:44). Kini, ketika berada pada situasi yang sesungguhnya, Yesus tetap konsisten pada ajaran-Nya itu. Dia tidak membalas kejahatan itu, tetapi justru memintakan pengampunan bagi orang yang telah menganiaya Dia.

Yesus berkata: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya. (Lukas 23:34)

Pada saat tubuh-Nya telah dipecah-pecahkan dan darah-Nya ditumpahkan, pada saat itulah Yesus bertindak sebagai Perantara antara Allah dan manusia dengan berdoa: “Bapa, ampunilah mereka….” Doa ini diucapkan pada momentum yang sangat pas, karena lewat pengorbanan Yesus di kayu salib, Allah memberikan pengampunan. Hubungan antara manusia dan Allah dipulihkan kembali.

Yesus telah memberi teladan dengan tepat. Ucapan Yesus di kayu salib ini merupakan doa syafaat untuk musuh-musuh-Nya. Dia tidak hanya mendoakan para prajurit Romawi yang menyalibkan-Nya tetapi juga kepada para pemuka agama Yahudi yang sangat membenci Yesus.

Dalam sebuah film, seorang tokoh berucap: “Revenge is sweet” (pembalasan itu nikmat). Namun hati kecil setiap orang yang melakukan pembalasan pasti terselip kekhawatiran munculnya pembalasan dari pihak musuh. Dia tidak merasakan damai sejahtera. [purnawan].

SMS from God: Pembalasan yang paling tepat untuk penganiayaan yang kita terima adalah pengampunan