Kemerdekaan

Siapa bilang hidup di luar penjara lebih enak? Bagi Rodney Dwayne Valentine, kehidupan di balik jeruji lebih menyenangkan. Rodney baru saja dibebaskan dari penjara di Rockingham, tetapi dia menolak meninggalkan penjara.

Polisi lalu menangkap dia dengan tuduhan memasuki lahan orang, lalu mengirimnya kembali ke sel penjara. Ketika dibebaskan awal pekan ini, dia menolak meninggalkan penjara setelah petugas menolak permintaannya untuk diantar ke motel terdekat. Petugas menyarankan agar dia naik taksi saja ke motel tersebut.

Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih. (Galatia 5:13)

Kalau kita percaya pada karya keselamatan Yesus, maka kita seperti narapidana yang baru saja dikeluarkan dari penjara. Sebagian besar orang akan memutuskan untuk melanjutkan hidup baru. Mereka menyesal telah melakukan kejahatan dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Namun demikian, ada orang Kristen yang jatuh-bangun di dalam dosa. Mereka seperti penjahat yang keluar-masuk penjara karena berkali-kali melakukan kejahatan. Sebagaimana Rodney, mereka belum menemukan kenikmatan sebagai orang merdeka.

Bagaimana caranya agar tidak masuk penjara dosa lagi? Nats kita mengungkap rahasianya, yaitu hidup dalam komunitas yang saling melayani. Di dalam komunitas yang peduli ini, kita akan diingatkan setiap kali tergoda untul berbuat dosa lagi. Nah, sudahkah Anda memiliki komunitas yang saling mengasihi? [purnawan].

 

SMS from God: Cari dan temukan kenikmatan sebagai orang merdeka. Maka Anda tidak mudah jatuh dalam dosa.