Belum Berpengalaman

Mahasiswa Biologi Universitas Nasional Singapura (NUS) ditemukan meninggal di meja belajarnya. Pria berusia 25 tahun itu tewas setelah bermain game komputer selama seharian penuh.

Ini adalah contoh ekstrim tentang bahaya game. Anak teman saya juga menjadi korban game on-line ini. Karena sudah kecanduan, maka dia dengan sembunyi-sembunyi bermain di warung internet, meski sudah dilarang orangtuanya. Yang lebih memprihatinkan lagi, dia sampai berani mencuri uang dari orangtuanya untuk membayar sewa internet dan membeli voucher.

Kulihat di antara yang tak berpengalaman, kudapati di antara anak-anak muda seorang teruna yang tidak berakal budi (Amsal 7:7)

Salomo mengamati anak muda yang belum punya pengalaman hidup memadai, namun sudah berkeliaran di wilayah yang banyak sekali godaannya. Akibatnya mereka terjerat di dalam rayuan pekerja seks komersial. Selain tak berpengalaman, anak juga belum terbiasa untuk mengambil keputusan menggunakan akal sehat. Pertimbangan mereka masih dipengaruhi oleh perasaan dan situasi di luar dirinya.

Selain godaan seksual, anak muda juga bisa terjerat narkotika dan game on-line. Itu sebabnya orangtua harus benar-benar memberi bekal sebelum mempercayakan anak melakukan atau memiliki sesuatu. Jika mereka belum siap, maka orangtua harus berani tegas berkata: “Tidak!” [Purnawan].

 

SMS from God: Membiarkan anak mengikuti kesenangannya bukan berarti Anda sayang anak. Bisa jadi Anda sedang menjerumuskannya pada bahaya.