Cara Mudah

Jangan terlalu tergiur pada iming-iming hadiah uang dan janji soal ketenaran di televisi. Sembilan perempuan muda terjebak tipuan. Mereka dikatakan akan tampil pada acara reality show di televisi Turki. Seperti acara televisi sungguhan, perempuan muda yang ingin tampil di layar kaca itu mengikuti audisi setelah mereka menanggapi iklan dari salah satu koran.

Iklan itu menyebutkan mereka menyelenggarakan acara reality show yang mengharuskan para kontestan tidak berhubungan dengan keluarga selama beberapa bulan. Para kontestan itu dikumpulkan di sebuah vila di Istanbul dan dipantau 24 jam dengan kamera. Dua bulan telah berlalu, keluarga salah seorang kontestan merasa kehilangan anak mereka dan meminta polisi mencari. Ternyata, penyelenggara reality show palsu itu menjual film kegiatan para perempuan muda itu melalui internet.

“Sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.” (Yakobus 1:3-4)

Easy come, easy go” demikian bunyi pepatah. Segala sesuatu yang didapatkan dengan mudah, akan hilang dengan mudah pula. Program reality show menjanjikan ketenaran dalam sekejap. Akan tetapi banyak pemenang kontes-kontesan seperti ini tidak dapat bertahan lama. Hal itu karena mereka tidak menghayati proses menjadi sukses.

Kesulitan adalah salah satu anak tangga menuju kesuksesan. Jika menapaki anak tangga itu dengan ketekunan, maka pada akhirnya kita akan sampai ke puncaknya. Kita akan menjadi manusia yang sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun [Purnawan].

SMS from God: Berakit-rakit ke hulu, berenang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.