Apalah Arti Sebuah Nama?

“Apalah arti sebuah nama?” demikian tulis William Shakespear. Menurutnya, disebut dengan nama apa pun, mawar tetaplah bunga yang indah dan berbau harum. Bagaimana dengan nama manusia?

Pada beberapa masyarakat, ada kebiasaan memberi nama anak sesuai dengan nama bapaknya. Contohnya adalah di Eropa. Jika bapaknya bernama Ben, maka anak laki-lakinya akan diberi nama Benson [Son=Anak laki-laki]. Nama anak kadang juga mencerminkan doa orang tua. Contohnya, anak kami bernama “Prasadha Iswara Narya Kirana” yang bermakna doa supaya dia menjadi anak perempuan anugerah Allah yang menjadi terang.

Nama-nama yang tertulis dalam Alkitab juga memiliki arti. Ishak berarti “tertawa”; Musa=”diangkat dari air”; Hawa = “hidup”; Daud = “yang dikasihi.” Allah juga memiliki banyak nama. Contohnya: Jehovah Jireh (“Allah yang menyediakan” Kej. 22:14), dan Jehovah Rohi (“Tuhan adalah Gembalaku”, Mzm. 23:1)

“Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama” (Filipi 2:9)

Apakah nama Anda memiliki makna tertentu?  Siapa pun atau apa pun nama Anda, sesungguhnya tidak menjadi masalah, sebab kita adalah umat tebusan. Kita adalah manusia yang telah dipilih untuk diselamatkan oleh Allah, di dalam Yesus.

SMS from God: Nama Allah begitu mulia dan ditinggikan di seluruh bumi, tapi kita boleh memanggil-Nya: “Bapa.”