Saling Membantu

Robin Lim,seorang warga negara Amerika yang membantu ribuan warga miskin Indonesia untuk mendapatkan kehamilan dan persalinan yang sehat. Atas jasanya ini, dia dinobatkan sebagai  CNN Hero of the Year 2011.

Melalui klinik kesehatan Yayasan Bumi Sehat, wanita berusia 54 tahun ini, memberikan perawatan pascapersalinan, layanan persalinan, dan bantuan medis gratis di Indonesia.“Tiap nafas pertama bayi di bumi ini adalah perdamaian dan cinta. Tiap ibu seharusnya sehat dan kuat.Tiap kelahiran seharusnya aman dan menyenangkan.”

Di dalam setiap orang tersimpan perasaan altruisme, yaitu hasrat untuk menolong orang lain. Ada bermacam-macam kadar altruisme. Ada yang menolong orang lain, disertai dengan pamrih, tapi ada juga orang yang menolong secara ikhlas. Dia tidak mengharapkan balasan apa-apa. Apapun motifnya, semangat altruisme ini perlu dikembangkan.

“Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.” (Efesus 4:2)

Yesus menghendaki setiap murid-Nya untuk bertumbuh dan berbuah. Jika kita tidak berbuah, nasibnya sudah jelas, yaitu “dipotong” (Yoh.15:2). Salah satu bentuk dari buah itu, menurut Paulus adalah “kemurahan”(Gal.5:22). Nah, jika ada di antara orang Kristen yang tidak mau menunjukkan kemurahan dalam membantu orang lain, maka dapat dikatakan orang itu belum berbuah.

Ada banyak kesempatan bagi kita untuk menunjukkan kemurahan hati.  Yang perlu kita lakukan adalah memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar kita (purnawan).

 

SMS from God: Berilah kemurahan pada orang lain, karena Anda sudah lebih dulu mendapat kemurahan dari Tuhan.