Tertuduh oleh Masa Lalu

Ada suami-isteri yang sudah menikah selama 40 tahun lebih. Mereka mendatangi seorang hamba Tuhan untuk konseling. Mereka mengaku dihantui oleh dosa seksual yang mereka lakukan sebelum menikah. Saat itu mereka belum menjadi Kristen. Setelah menikah, mereka hidup dalam kekudusan, namun dosa masa lalu itu selalu membuat mereka merasa tertuduh,

Hamba Tuhan itu berpikir sejenak, lalu menanyakan lagu favorit masing-masing. Dengan serempak pasutri ini menyebutkan judul lagu yang sama, yaitu “Kendati Hidupku Tent’ram (It Is Well With My Soul). Hamba Tuhan menyuruh pasutri ini menyanyikan lagu itu bersama-sama sebelum tidur.

Seminggu kemudian, pasutri mendatangi hamba Tuhan ini lagi. “Kami melakukan saran Anda. Sebelum tidur, kami bersama menyanyi, “kata sang suami dengan mata berkaca-kaca, “kami merasa terberkati saat menyanyikan syair, “Yesusku mengangkat di salib kejam, dosaku dan aib sepenuh. Hutangku dibayar dan aku lepas, puji Tuhan, wahai jiwaku.’”

“Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah.” (Yeremia 33:6)

Kitab Yeremia menyebutkan tentang akibat dari dosa. Saat sang nabi mengucapkan nubuat ini, Yerusalem sedang dikepung oleh tentara Babilonia. Akibat ketidaksetiaan Israel, maka kota ini akan dipenuhi oleh tubuh orang mati.

Akan tetapi cerita tak berhenti di sini. Murka Allah tidak berlangsung selamanya. Allah berjanji akan menyembuhkan dan memulihkan Israel. “Dan kota ini akan menjadi pokok kegirangan: ternama, terpuji dan terhormat bagi-Ku di depan segala bangsa di bumi yang telah mendengar tentang segala kebajikan yang Kulakukan kepadanya” ( ay.9) [purnawan].

 

SMS from God: Jangan sampai masa lalu Anda menghantui masa kini Anda. Allah memberikan pengampunan dan pemulihan.