CLBK

Pernah dengar CLBK? Itu singkatan dari “Cinta Lama Bersemi Kembali.” Fenomena ini marak akhir-akhir ini seiring dengan semakin banyaknya pengguna media sosial lewat internet. Dengan fasilitas teknologi informasi, si pengguna dapat menemukan kembali teman-temannya yang sudah puluhan tahun berpisah. Termasuk di antaranya berhubungan kembali dengan orang yang pernah menjadi teman istimewa di masa lalu. Maka cinta lama yang sudah pupus itu bersemi kembali. Akibatnya, hal ini mengguncang kehidupan pernikahan karena pasangannya menjadi cemburu.

Kecemburuan dalam pernikahan ternyata setua dengan umur peradaban manusia. Pada zaman Musa bahkan ada peraturan yang harus dilakukan jika seorang suami merasa cemburu pada isterinya. Bagaimana caranya supaya tidak muncul fenomena CLBK?

Kita harus selalu mendoakan kehidupan pernikahan kita. Tidak seorang pun orang yang kebal terhadap godaan dosa perzinahan. Bahkan seorang pendeta pun bisa terjerat ke dalamnya. Dengan menyadari hal ini, maka kita sudah membangun benteng pertahanan.

Setelah itu, kita perlu menjalin komunikasi yang terbuka dengan pasangan kita. Kita perlu membuka pintu sehingga pasangan kita mengenal kehidupan pribadi kita. Misalnya dengan memberikan akses kepada pasangan kita untuk membaca SMS yang ada di HP kita, memberikan password kepada pasangan kita untuk mengecek email atau akun media sosial kita. Dengan demikian, kita sedang mencegah diri sendiri agar tidak bertindak sembunyi-sembunyi. Pasangan kita pun terhindar dari kecemburuan karena mengetahui setiap saat dapat mengecek kehidupan pribadi kita [Purnawan].

“Maka haruslah orang itu membawa isterinya kepada imam. Dan orang itu harus membawa persembahan karena perempuan itu sebanyak sepersepuluh efa tepung jelai, yang ke atasnya tidak dituangkannya minyak dan yang tidak dibubuhinya kemenyan, karena korban itu ialah korban sajian cemburuan, suatu korban peringatan yang mengingatkan kepada kedurjanaan.” (Bilangan 5:15)

SMS from God: Hati-hati dalam menggunakan alat komunikasi. Jangan sampai Anda membuat Anda tidak setia lagi pada pasangan Anda.