Sekolah-sekolah di bawah pengelolaan GKI Klaten …

Sekolah-sekolah di bawah pengelolaan GKI Klaten menggelar ketoprak kolosal di aula SD Kristen 3 Klaten, Sabtu, 27 Februari 2016.

Dengan mengambil lakon “Ken Dedes: Sang Nareswari” ratusan murid mulai dari Toddler, Play Group “Krista Ceria”, TK “Kridawita”, SD Kristen 3 Klaten, hingga SMP 1 Klaten menjadi pemain di bawah arahan sutradara kondang Bondan Nusantara.

Cerita ketopran berkisar tentang intrik perebutan tahta Singosari. Diceritakan seorang bernama Tunggul Ametung berambisi menjadi akuwu (raja) Singosari. Dia mendengar ramalan Lohgawe bahwa seorang perempuan bernama Ken Dedes akan menurunkan raja-raja di Jawa. Demi memenuhi ambisinya, Tunggul Ametung memperistri Ken Dedes secara paksa.

Akhirnya dia memang berhasil bertahta. Namun setelah itu, Tunggul Ametung dibunuh oleh Ken Arok yang menggantikannya sebagai akuwu. Pada saat itu, Ken Dedes sedang hamil.

Ken Arok lalu memperistri Ken Dedes. Tak berapa lama, Ken Dedes melahirkan seorang anak laki-laki diberi nama Anusapati.

Ken Arok juga mengambil istri Ken Umang. Ken Umang ini berambisi agar anaknya yang bernama Tohjaya yang naik tahta. Karena itu Tohjaya dan Ken Umang membuat rencana jahat menyingkirkan Anusapati.

Sementara itu Anusapati baru menyadari bahwa ternyata ayah kandungnya dibunuh oleh Ken Arok, ayah tirinya.

Ketoprak ini diiringi langsung oleh grup karawitan murid SD Kristen 3 Klaten dan SMP 1 Kristen Klaten.