Promosikan Sekolah, SMP Kristen 1 Klaten Gelar …

Promosikan Sekolah, SMP Kristen 1 Klaten Gelar “Krista Gracia Edu Fair”
Wartakita.org – SMP Kristen 1 Klaten menggelar open house dan tryout pada Sabtu (24/3/2018). Dalam open house yang bertajuk “Krista Gracia Edu Fair” ini, sekolah yang terletak di Jalan Seruni nomor 4 Tonggalan, Klaten itu mengundang ratusan anak Kelas 6 Sekolah Dasar.

Kepala SMP Kristen 1 Klaten Abednego Kuncoro menjelaskan, open house ini bertujuan untuk mempromosikan dan mengenalkan sekolah kepada masyarakat. “Dengan demikian diharapkan, para orangtua mau menyekolahkan anaknya di sekolah ini,” katanya.

Kuncoro mengatakan, open house ini diisi dengan stand pameran dari berbagai ekstrakurikuler yang ada di sekolah ini, seperti multimedia, robotik, membatik, memasak, paduan suara, tari, dan karawitan. Juga diadakan lomba permainan tradisional seperti egrang, gangsingan, jalan dengan bathok (tempurung kelapa), dan sebagainya. Lomba permainan tradisional ini diadakan di Green School Sekolah Krista Gracia.

“Sekolah juga mengadakan tryout untuk anak-anak Kelas 6 SD yang diadakan di ruang laboratorium komputer. Dalam tryout ini, panitia telah menyediakan bank soal. Kemudian, anak-anak diberi kesempatan untuk menguji kemampuan mereka dengan mengerjakan soal yang ada. Dan hasilnya, langsung bisa diketahui pada saat itu juga,” ujarnya.

Dalam open house ini, SMP Kristen 1 Klaten mengundang sekitar 150 murid Kelas 6 dari sejumlah SD di Kabupaten Klaten. Namun yang hadir lebih dari 170 anak. Pengunjung yang hadir dibagi menjadi sejumlah kelompok atau rombongan. Setiap kelompok terdiri dari 10 anak. Anak-anak dipandu atau didampingi oleh murid SMP tersebut. Mereka diantar untuk mengunjungi setiap stand yang telah disiapkan.

“Dulu memang pernah diadakan open house. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir ini open house sempat vakum. Dan pada tahun 2018 ini, open house kita adakan lagi. Kita rencanakan, open house ini akan kita adakan secara rutin. Pada tahun ajaran 2018/2019 nanti, SMP Kristen 1 Klaten menargetkan bisa meraih tiga kelas,” ucapnya.

Kuncoro menambahkan, SMP Kristen 1 Klaten menyediakan berbagai esktrakurikuler untuk mengembangkan potensi para siswa. Diantaranya ekstrakurikuler robotik dan musik. Ekstrakurikuler robotik telah beberapa kali menjuarai lomba robotik tingkat nasional. Sedang untuk ekstrakurikuler musik, sekolah menyediakan studio musik yang berstandar profesional.

“Setahu saya, dari sekolah yang ada di Klaten ini, hanya SMP Kristen 1 Klaten-lah yang mempunyai studio musik berstandar profesional. Di studio musik ini, anak-anak bisa berlatih dan bermain musik sepuasnya, tanpa mengganggu kegiatan belajar mengajar. Karena studio musik ini didesain kedap suara dan ber-AC, sehingga sangat nyaman,” paparnya.

Pada open house ini, siswa SMP Kristen 1 Klaten juga memamerken hasil ekstrakurikuler berupa robot air. Pameran robot air ini mengundang perhatian dari para pengunjung open house. Robot air ini pernah menjuarai lomba robotik di tingkat SMP. Dan hanya satu-satunya yang ada di Klaten.

Sementara itu Guru SD Speak First Klaten, Felicitas Kunti Megawati mengapresiasi baik diadakannya open house SMP Kristen 1 Klaten ini. Pada kesempatan itu, dia mendampingi 16 murid Kelas 6.

“Anak-anak merasa senang. Karena mereka bisa mengunjungi berbagai stand yang menarik, bisa bermain aneka permainan tradisional, dan lain-lain. Anak-anak juga bisa ikut tryout yang soalnya sangat berbeda dengan try out pada umumnya. Pokoknya menyenangkan,” ucapnya. (L Sukamta)
http://www.wartakita.org/promosikan-sekolah-smp-kristen-1-klaten-gelar-krista-gracia-edu-fair/