Pasar Murah Tekan Harga Sembako

Sepekan jelang Ramadan, harga kebutuhan pokok biasanya mengalami lonjakan harga. Kondisi ini ditangkap umat Gereja Kristen Indonesia (GKI) Klaten dengan mengadakan pasar murah. Tepat di Hari Kenaikan Isa Almasih, Kamis (10/5).

Acara tersebut didukung FKUB Kebersamaan, GP Ansor, Gusdurian, dan Jamulima. Ada sekitar 1.500 kupon yang disebarkan kepada warga, terutama keluarga prasejahtera. Untuk membeli sembako murah. Kupon tersebut hanya diperbolehkan untuk membeli 5 kg beras C4 cukup menebus Rp 25 ribu.

”Pasar murah ini kami lakukan sebagai aksi Paskah setelah menjalani puasa 40 hari. Uang yang kami sisihkan ini untuk mengadakan pasar murah. Lewat pasar murah, diharapkan mampu menjangkau banyak orang serta menghemat pengeluaran bagi keluarga prasejahtera,” jelas Koordinator Pasar Murah, Agus Permadi kepada Jawa Pos Radar Solo.

Agus mengungkapkan, pelaksanaan pasar murah kali ini juga dimaksudkan untuk menekan harga sembako yang cenderung naik jelang Ramadan. Diharapkan para keluarga prasejahtera mampu memanfaatkan pasar murah sehingga tidak menjadikan beban.

Ambil contoh beras C4 dijual di pasaran Rp 9.000 ribu per kg. Untuk mendapatkan beras 5 kg, harus merogoh kocek Rp 45.000. Tetapi di pasar murah, cukup menebus Rp 25.000. Sembako yang dijual di pelataran GKI itu antara lain minyak goreng 1 liter Rp 10.000. Serta Gula pasir Rp 10.000 per kg.

”Kupon yang kami sebarkan itu hanya untuk pembelian beras C4 saja. Sedangkan barang sembako lainnya dijual dengan harga yang lebih miring dari pasaran. Harapan kami, keluarga prasejahtera dapat terbantu melalui program ini,” bebernya.

Dhani, 28, warga Desa Beji, Kecamatan Wedi mengaku terbantu dengan pasar murah ini.

”Saya tadi bersama istri membeli kebutuhan lainnya untuk anak-anak. Total semuanya Rp 100 ribu, sudah dapat banyak. Potongan harga jika dibandingkan dengan di pasaran cukup lumayan,” ucap pria yang sehari-hari berprofesi sebagai juru parkir ini.

Dampak positif juga dirasakan Wariso, 62, warga Desa Ngalas, Kecamatan Klaten Selatan. Pengayuh becak ini juga membeli beras di pasar murah.

”Setidaknya bisa mengurangi pengeluaran jelang menjalani ibadah puasa,” ujarnya.

(rs/ren/fer/JPR)

https://www.jawapos.com/radarsolo/read/2018/05/11/72466/pasar-murah-tekan-harga-sembako

Tinggalkan Balasan