Hari 1 …

Hari 1
Senin, 9 Oktober 2018
Selamat datang di grup Diet Gadget. Mulai hari ini kita akan memulai rangkaian kegiatan bersama keluarga.
Panduan:
1. Matikanlah televisi, radio, dan handphone kecuali perangkat handphone ini.
2. Kumpulkan semua anggota keluarga di tempat yang nyaman.
3. Mulailah dengan menyanyikan lagu:

RUKUN CINTA SATU SAMA LAIN
Rukun cinta satu sama lain
itulah maunya Tuhan

Rendah hati serta ramah tamah
itulah maunya Tuhan
Reff
Tunjukkan–saksikan
Tuhan minta buktinya
Tunjukkan–saksikan
Tuhan minta buktinya

4. Ajak keluarga berdoa singkat
5. Ajak seluruh anggota keluarga membaca 1Petrus 3:8-12 secara bersama-sama.
6. Tunjuklah salah satu anggota keluarga membaca renungan berikut ini dengan pelan-pelan.
Disconect
Nats: “Sekarang, kata-kata ini saya tujukan kepada semua orang: Hiduplah sebagai satu keluarga besar yang rukun, saling memperhatikan dan saling mengasihi dengan kelembutan dan kerendahan hati.” (1Petrus 3:8 alkitab versi FAYH)
Sebagai alat komunikasi, ponsel dapat mendekatkan orang yang berada di tempat jauh. Namun sayangnya, ponsel juga sering membuat hubungan dengan orang dekat malah berjarak, bahkan menjauh. Terutama saat makan bersama. Ada tren bahwa orang-orang modern lebih asyik dengan ponselnya ketika sedang makan bersama, ketimbang bercakap-cakap dengan teman semejanya.
Melihat kondisi ini Eva Restaurant, sebuah restoran di Beverly Boulevard, Los Angeles memberikan diskon lima persen bagi pengunjung yang mematikan ponselnya selama makan di restoran. Tawaran ini justru disambut positif. Karena, membuat pengunjung bisa lebih fokus berbincang dengan teman santap mereka dari pada terus menerus memandang layar ponselnya. Menurut pemilik restoran yang merangkap koki, Mark Gold, pengunjung justru berterima kasih.
Tindakan serupa dilakukan oleh seorang mahasiswa yang kuliah di Universitas Cornell mengusulkan “Disconnect Day” alias satu hari tanpa perangkat digital. Sebuah studi lain dari University of Essex menunjukkan bahwa pemilik ponsel mengalami penurunan kepedulian terhadap sesamanya.
Rasul Petrus menulis pesan agar jemaat hidup dalam satu kesatuan keluarga besar. Salah satu ciri yang terlihat di dalam keluarga itu adalah saling memperhatikan. Orang hanya bisa memperhatikan jika pikirannya fokus pada orang lain. Jika dia asyik dengan gadgetnya seperti telepon cerdas (smart phone), sabak elektronik (e-pad), atau laptop, maka orang itu cuek terhadap sesamanya. Jangan sampai kita dikendalikan oleh teknologi. Kita bisa memulainya dari rumah. Selama dwi pekan keluarga ini kita akan menyisihkan waktu untuk memberikan perhatian kepada anggota keluarga. Teknologi diciptakan untuk membuat kualitas hidup manusia menjadi lebih baik. Jangan sampai kita dikendalikan oleh gadget. Gunakanlah untuk kebaikan.

7. Ajaklah anggota keluarga untuk berdoa: Agar keluarga dapat saling memperhatikan dan mendorong dalam perbuatan baik.
8. Sekarang waktunya selfie. Ajak seluruh anggota keluarga untuk selfie. Silakan posting di grup ini pada pukul 20. Setiap keluarga yang memposting foto selfie akan mendapatkan 1 poin
9. Kumpulkan poin sebanyak-banyaknya karena *3 pengumpul poin terbanyak akan mendapat hadiah*